Branch Control Valve

Hallo semua nya gimana kabar nya hari ini, hari ini aku mau bahas dan bagi info mengenai unit sprinkler jenis Branch Control Valve, dibaca sampe akhir yah.

Branch Control Valve (BCV) adalah perangkat control valve dalam sistem pemipaan sprinkler sebagai pencegah kebakaran yang terdiri dari Butterfly Valve, Flow Switch dan Test Drain, yang cara kerja nya sama seperti ball valve yang bertujuan sebagai katup yang biasa dijadikan alat untuk mengatur aliran air, dan juga bisa sebagai alat isolasi, berikut adalah komponen dan fungsi branch control valve. Meskipun fungsinya sama dengan ball valve tapi branch control valve lebih banyak digunakan sebagai sistem control valve dalam system pemipaan sprinkler.

1. Butterfly valve 

digunakan sebagai regulator untuk mengatur buka tutupnya air dengan menggunakan sistem rotasi seperempat putaran (90 derajat) pada tuas nya. Valve ini cukup populer digunakan karena harga yang cukup ekonomis dan instalasi yang mudah karena valve ini ringan dan tidak memerlukan support untuk pengoperasiannya.

2. Flow Switch

Flow switch adalah alat sensor yang digunakan untuk mendeteksi aliran air di dalam pipa hydrant atau sprinkler. Sensor deteksi inilah yang kemudian mengirimkan signal (relay) ke Master Control panel Fire Alarm yang menandakan adanya kebakaran.

3. Test and Drain (with Sight Glass)

Test and Drain adalah perangkat dalam BCV yang memiliki fungsi untuk mengetes aliran air dan menguras sehingga dapat mengetahui masalah yang terjadi pada sistem sprinkler ataupun hydrant. Penggunaan Test and Drain juga mengacu pada NFPA 13.

So jadi gitu deh temen kurang lebih mengenai Branch Control Valve nya, oiya branch control valve juga memiliki beberapa ukuran yah mulai dari 2,5” hingga 6”, ok makasih temen temen jangan lupa tinggalkan komen yah, untuk kita bisa share pengetahuan kita sama – sama.

Oiya bantu support social media kita juga ya klik logo dibawah ini terima kasih.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hydrant

Fire Alarm Sistem